Pengembangan Evaluasi Berbasis Media E-Portofolio pada Pembelajaran IPA Materi Tekanan di Kelas VIII SMP Negeri 3 Lopok

Authors

  • Yudi Sofyan Periadi Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
  • Fahmi Yahya Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
  • Muhammad Erfan Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa

Keywords:

Evaluasi, Media E-Portofolio

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetehui: (1) tingkat kelayakan evaluasi berbasis media e-portofolio, (2) respon peserta didik terhadap evaluasi berbasis media e-portofolio. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri atas tahap define (pendefenisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan), dan tahap disseminate (penyebaran). Dari keempat tahapan pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D disederhanakan menjadi tiga tahapanĀ  dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Hasil validitas media dan hasil validasiĀ  isi evaluasi adalah 82% berkategori layak dan 82% berkategori layak, maka evaluasi berbasis media e-portofolio layak digunakan dalam pembelajaran IPA di SMPN 3 Lopok. (2) Dari hasil analisis respon peserta didik adalah 91% yaitu peserta didik sangat setuju terhadap evaluasi berbasis media e-portofolio.

Downloads

Published

2018-08-31