Pengembangan Majalah Fisika Pada Materi Besaran dan Satuan

Authors

  • Ulia Anita Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
  • Sri Nurul Walidain Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
  • Tursina Ratu Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa

Keywords:

Majalah fisika, besaran dan satuan

Abstract

Majalah fisika merupakan salah satu media pembelajaran yang digunakan sebagai pendamping siswa dalam melaksanakan kegiatan atau kerja, baik yang bersifat perorangan maupun kelompok. Berdasarkan observasi, pembelajaran IPA fisika di sekolah belum menggunakan majalah fisika hanya terbatas pada buku paket yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk 1). mengetahui kelayakan majalah fisika sebagai media pembelajaran; 2). Mengetahui respon siswa terhadap majalah fisika sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R & D) dengan model 4D yang meliputi beberapa tahapan yaitu: 1) pendefinisian; 2) perencanaan; dan 3) pengembangan,; dan 4) penyebaran. Namun, dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap ketiga yaitu pengembangan. Instrument yang digunakan yaitu angket. Validator terdiri dari ahli media, ahli materi sedangkan 10 orang siswa sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa majalah fisika layak digunakan dengan memperoleh rata-rata skor 3,400 dari ahli materi dan 3,294 dari ahli media. Selain itu pula respons siswa terhadap majalah fisika memperoleh skor rata-rata 3,260 dan berada pada kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa majalah fisika untuk siswa SMP telah terbukti layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2018-08-31