Integrasi Learning Management System (LMS) dan Simulasi PhET pada Pembelajaran Fisika Terhadap Keterampilan Proses Sains

Authors

  • Nana Diana Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
  • Sri Nurul Walidain Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
  • A Hamid Rahman Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa

Keywords:

Learning Management System (LMS), Phet simulasi, keterampilan proses sains

Abstract

Dalam proses pembelajaran fisika, siswa masih kurang dalam keterampilan proses sains. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Integrasi Learning Management  System  (LMS)  dan  PhET  Simulasi  pada  Pembelajaran  Fisika  Terhadap Keterampilan  Proses  Sains  Siswa  Kelas  XI  SMK  Negeri  2  Sumbawa  Tahun  2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan  quasi eksperiment.  Desain yang digunakan dalam  penelitian  ini adalah  Pretest  Postest  Control Group Design.  Populasi dalam penelitian yaitu kelas XI yang terdiri dari  15  kelas  dengan jumlah siswa 465.  Teknik pengambilan  sampel  yang  digunakan  yaitu  cluster  random  sampling.  Sampel  dalam penelitian  ini  yaitu  kelas  XI  TGSA-1  dan  XI  TGSA-2.  Hasil  penelitian  ini  menunjukkan zhitung  adalah  1,978  jika  dibandingkan  dengan  ztabel  sebesar  maka  zhitung  >  ztabel  (1,96)  yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan menerima Ha. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa integrasi  Learning  Mangement  System  (LMS)  dan  PhET  simulasi  pada  pembelajaran  fisika berpengaruh  terhadap  keterampilan  proses  sains  siswa  kelas  XI  SMK  Negeri  2  Sumbawa Tahun 2017/2018.

Downloads

Published

2018-08-31