Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Adobe Flash CS 6 Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Kartika Kartika Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
  • A Hamid Rahman Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
  • Sri Nurul Walidain Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa

Keywords:

Pembelajaran fisika, penguasaan konsep, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Dalam pembelajaran siswa cendrung merasa bosan, kurang termotivasi serta mengurangi respon siswa untuk mengasah kemampuannya karena kurangnya penggunaan media yang menarik dan materi yang di kemas kurang jelas dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran fisika berbasis adobe flash cs 6 terhadap penguasaan konsep; 2) mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran fisika berbasis adobe flash cs 6 terhadap keterampilan berfikir kritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperiment dengan desain penelitian pretes postes control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang 70 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh,. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji z. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh pada penguasaan konsep Zhitung adalah 8,311 sedangkan nilai Ztabel adalah 1,960 dan hasil analisis data diperoleh pada keterampilan berfikir kritis Zhitung adalah 5,332 sedangkan nilai Ztabel adalah 1,960 Hal ini menunjukkan bahwa nilai Zhitung lebih besar dari nilai Ztabel (8,311 > 1,960) dan (5,332 > 1,960) berarti bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran fisika berbasis computer terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berfikirkritis siswa.

Downloads

Published

2018-08-31