Keefektifan Remediasi Pembelajaran IPA Fisika Menggunakan Model Fikir Ditinjau dari Hasil Belajar Fisika

Authors

  • Delima Fahidayati Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
  • A Hamid Rahman Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
  • Romi Aprianto Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa

Keywords:

Remedial, model FIKIR, Hasil Belajar Kognitif IPA Fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Keefektifan Pembelajaran remedial mengunakan model FIKIR Ditinjau dari hasil belajar IPA fisika siswa; 2) ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran model FIKIR. Jenis penelitian ini menggunakan quasy experimental, desain penelitiannya adalah one group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang berjumlah 143 siswa dengan sampel bejumlah 17 siswa yang dipilih dengan teknik Purposive Sampling. Data yang dipeoleh dianalisis dengan rumus one sample t-test rumus uji beda mean. Hasil penelitian untuk hipotesis 1 dipeoleh thitung sebesar 7,226. Pada hipotesis kedua menggunakan rumus N Gain, diperoleh sebesar 0,454 dalam kategori sedang. Hal ini berarti bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian menunjukkan bahwa Pembelajaran Remedial mengggunakan Model FIKIR efektif ditinjau dari Hasil Belajar siswa pada materi Getaran dan Gelombang. Selain itu juga terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelun dan sesudah di lakukan pembelajaran model FIKIR.

Downloads

Published

2018-08-31