Pengembangan E-Learning Pada Pembelajaran Fisika Materi Pengukuran Besaran di Kelas VII-2 SMP Negeri 3 Lopok Tahun Pelajaran 2016/2017

Authors

  • Aulia Karmila Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
  • Syarif Fitriyanto Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
  • Fahmi Yahya Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa

Keywords:

E-Learning, media pembelajaran, pengukuran dan besaran

Abstract

Penelitian  ini  merupakan  penelitian  pengembangan  yang  bertujuan  untuk  mengetahui 1).  Tingkat  kelayakan  Learning  Management  System  (LMS)  yang dikembangkan oleh peneliti, 2). Respon peserta didik terhadap E-Learning  yang di kembangkan. Penelitian  merupakan  penelitian  pengembanganE-Learning  dengan menggunakan  Learning  Management  System  (LMS). Namun  dalam pelaksanaannya penelitian hanya dilakukan sampai dengan tahap pengembangan uji coba  lapangan  yang  dilakukan  hanya  sampai  uji  terbatas.  Instrumen  yang digunakan adalah  angket. Validasi produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi serta guru fisika sebagai ahli praktisi dan telah diuji di kelas VII-2 sebanyak 10 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwapengembangan e-Learning  pada mata pelajaran fisika materi pengukuran dan besaran di kelas VII-2 SMP Negeri 3 Lopok sangat  layak  di  gunakan  sebagai  media  pembelajaran.  Kelayakan  E-Learning berdasarkan penilaian ahli materi  mendapatkan nilai rata-rata 3,8  termasuk dalam kategori  sangat  layak,  penilaian  ahli  media  mendapatkan  nilai  rata-rata  3,5 termasuk dalam kategorisangat layak, penilaian oleh guru fisika mendapatkan nilai rata-rata 3,9 termasuk dalam kategori sangat layak,penilaian kelayakan E-Learning berdasarkan uji coba pada siswa  kelas VII-2 SMP Negeri 3 Lopok  memperolehskor rata-rata 3,8 termasuk dalam kategori sangat layak.

Downloads

Published

2018-08-31