Perbedaan Peningkatan Keterampilan Generik Sains Siswa yang Diajar Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Model Project Based Learning

Authors

  • Riza Kurnia Lestari Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
  • Fahmi Yahya Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
  • Sri Nurul Walidain Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa

Keywords:

Keterampilan generik sains, problem based learning, project based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada perbedaan keterampilan generik sains siswa yang diajarkan menggunakan model PBL dan PjBL pada materi gelombang mekanik.  Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan design control group pretest-postest. Penelitian ini dilakukan pada salah satu SMA di Kabupaten Sumbawa dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas XI IPA. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel ini terdiri dari dua kelas yaitu XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2. Hasil penelitian ini menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel (1,915>1,617). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan generik sains siswa yang diajarkan menggunakan model problem based learning dengan model project based learning pada materi gelombang mekanik. Hasil uji N-gain keterampilan generik sains yang diajarkan dengan model problem based learning dan project based learning masing-masing 0,496 dan 0,360 yang keduanya berada pada kategori sedang.

Downloads

Published

2019-02-28