Efektifitas Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Bebantuan PhET Simulation Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Momentum dan Impuls

Authors

  • Nurul Hikmah Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
  • Fahmi Yahya Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
  • Tursina Ratu Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa

Keywords:

Inquiry based learning, PhET simulation, keterampilan berfikir kritis, keterampilan proses sains

Abstract

Proses pembelajaran fisika membekali siswa untuk memperoleh pengetahuan dan sejumlah kemampuan dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, dalam hal ini siswa masih kurang dalam keterampilan berfikir kritis dan keterampilan proses sains. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran inquiri based learning berbantuan PhET simulation pada pembelajaran Fisika terhadap keterampilan berfikir kritis dan keterampilan proses sains siswa pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan   pre-eksperimental design. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group pretest-postest design. Penelitian ini dilaksanakan pada salah satu SMA di Kabupaten Sumbawa dengan populasi adalah kelas X MIPA yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 47. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah jumlah 24 siswa. Hasil Penelitian untuk keterampilan berfikir kritis menunjukan thitung adalah 8,302 jika dibandingkan dengan ttabel sebesar maka thitung > ttabel (1,711). Dan Hasil Penelitian untuk Keterampilan Proses sains menunjukan thitung adalah 5,577 jika dibandingkan dengan ttabel sebesar maka thitung > ttabel (1,711). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiri based learning berbantuan PhET simulation efektif terhadap keterampilan berfikir kritis dan keterampilan proses sains siswa pada materi momentum dan impuls.

Downloads

Published

2019-02-28