Pengaruh PBL Berpendekatan Multipel Representasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika

Authors

  • Karmila Karmila Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
  • Syarif Fitriyanto Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
  • Fahmi Yahya Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa

Keywords:

PBL, multipel representasi, keterampilan berpikir kritis, keterampilan proses sains.

Abstract

Kegiatan pembelajaran fisika siswa kelas X yang dilakukan belum bisa mendorong siswa untuk memiliki keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains karena model pembelajaran yang digunakan kurang variatif, terutama pada materi usaha dan energi karena masih ada siswa yang nilainya di bawah KKM yaitu 75. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh PBL berpendekatan multipel representasi terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi usaha dan energi; 2) mengetahui pengaruh PBL berpendekatan multipel representasi terhadap keterampilan proses sains pada materi usaha dan energi. Penelitian quasi experimen ini menggunakan desain penelitian pretest postest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA pada salah satu MAN di Kabupaten Sumbawa yang berjumlah 83 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sumpling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Analisis data dilakukan dengan uji-t. Hasil Penelitian menunjukkan ada pengaruh PBL terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains pada materi usaha dan energi. Jika dibandingkan dengan ttabel sebesar 1,684 (3,332 > 1,684 dan 1,763 > 1,684)

Downloads

Published

2019-02-28