Efektifitas Model Pembelajaran InSTAD Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Kemampuan Berpikir Analisis Fisika Siswa

Authors

  • Hasdiana Hasdiana Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
  • Muhammad Erfan Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
  • Tursina Ratu Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa

Keywords:

InSTAD, minat belajar, berpikir analisis fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektifitas penggunaan model pembelajaran InSTAD terhadap peningkatan minat belajar fisika siswa; (2) efektifitas penggunaan model pembelajaran InSTAD terhadap peningkatan kemampuan berpikir analisis siswa; (3) seberapa besar peningkatan minat belajar dan kemampuan berpikir analisis siswa dengan menggunakan model pembelajaran InSTAD pada pembelajaran fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain one-group pretest-postest design. Teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling dengan instrumen penilaian yang digunakan adalah angket dan soal essay. Angket digunakan untuk mengukur minat belajar dan soal essay digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir analisis siswa. Hasil Penelitian untuk minat belajar fisika menunjukan thitung adalah 18,686 jika dibandingkan dengan ttabel sebesar maka thitung > ttabel (18,686>1,717). Sementara hasil penelitian untuk kemampuan berpikir analisis menunjukan thitung adalah 10,215 jika dibandingkan dengan ttabel sebesar maka thitung > ttabel (10,215>1,717). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran InSTAD efektif terhadap minat belajar fisika dan kemampuan berpikir analisis siswa. Besar peningkatan minat belajar dan kemampuan berpikir analisis masing-masing 0,585 dan 0,672 keduanya berada pada kategori sedang.

Downloads

Published

2019-02-28