Efektifitas Model Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keterampilan Berpikir Kreatif Fisika Siswa

Authors

  • Dely Jusmin Sulandari Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
  • A Hamid Rahman Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
  • Muhammad Erfan Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa

Keywords:

Guided inquiry, kemampuan pemecahan masalah, keterampilan berpikir kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Keefektifan model pembelajaran Guided Inquiry di tinjau dari kemampuan Pemecahan masalah dan keterampilan berfikir kreatif dalam pembelajaran Fisika siswa; (2) Seberapa besar peningkatan kemampuan Pemecahan masalah dan keterampilan berfikir kreatif setelah penerapan model pembelajaran Guided Inquiry pada siswa. Penelitian kuasi eksperimen ini dilakukan di salah satu SMA di Kabupaten Sumbawa dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA yang berjumlah 148 siswa. Sampel penelitian sebanyak 30 siswa yang ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan pencatatan dokumen. Pengolahan data menggunakan teknik statistik sederhana dalam bentuk perhitungan uji t dan uji gain. Hasil analisis data menunjukkan kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kreatif diperoleh thitung masing-masing 9,658 dan 8,787. Perhitungan gain kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kreatif diperoleh gain masing-masing 0,729 dengan kriteria tinggi dan 0,619 dengan kriteria sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran giuded inquiry efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kreatif siswa.

Downloads

Published

2019-02-28