Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik

Authors

  • Anggun Mulia Amaliah Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
  • A Hamid Rahman Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
  • Tursina Ratu Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa

Keywords:

inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan proses sains.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik; (2) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains peserta didik; dan (3) Seberapa besar peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains setelah digunakan model inkuiri terbimbing. Penelitian eksperimen semu ini dilakukan pada salah satu SMA di Kabupaten Sumbawa. Responden berjumlah 64 yang diambil dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Pengolahan data menggunakan teknik statistik sederhana dalam bentuk perhitungan uji z dan uji gain. Hasil analisis data menunjukkan keterampilan berpikir kreatif diperoleh zhitung sebesar 4,318. Jika dibandingkan dengan ztabel sebesar 1,690. Jadi terdapat pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kreatif. Hasil analisis data keterampilan proses sains diperoleh zhitung sebesar 5,181 dan ztabel sebesar 1,690. Jadi terdapat pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains. Perhitungan gain keterampilan berpikir kreatif kelas kontrol dan eksperimen masing-masing diperoleh gain 0,295 dan 0,598 dengan kriteria rendah dan sedang. Artinya keterampilan berpikir kreatif mengalami peningkatan dari katagori rendah ke sedang. Sementara hasil perhitungan gain keterampilan proses sains kelas kontrol dan eksperimen diperoleh gain 0,261 dan 0,509. Artinya keterampilan proses sains mengalami peningkatan dari rendah ke sedang sebesar 0,248.

Downloads

Published

2019-02-28