Pengaruh Pendekatan Discovery Tipe Less Structured Guided Terhadap Keterampilan Proses Fisika Siswa

Authors

  • Hermansyah H Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
  • Fahmi Yahya Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
  • Syarif Fitriyanto Prodi Pendidikan Fisika Universitas Samawa

Keywords:

Discovery tipe less structured guided, keterampilan proses sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan discovery tipe less structured guided terhadap keterampilan proses fisika siswa. Penelitian eksperimen semu ini dilakukan pada salah satu sekolah menengah atas di Kabupaten Sumbawa dengan desain posttest only control group. Responden penelitian berjumlah 55 orang siswa yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen soal berupa uraian sebanyak 7 butir soal. Hasil penelitian diuji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat sebelum dilakukan uji-t untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung > ttabel dengan nilai signifikansi sebesar 0.05. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan discovery tipe less structured guided berpengaruh positif terhadap keterampilan proses fisika siswa.

Downloads

Published

2019-02-28