STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN LEVEL OF INQUIRY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA S1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS SAMAWA SUMBAWA BESAR

  • Syafruddin FKIP Univeristas Samawa
  • Indah Dwi Lestari FKIP Univeristas Samawa
Keywords: Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Level of Inquiry

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan motivasi belajar mahasiswa pendidikan biologi menggunakan model pembelajaran level of inquiry Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa Sumbawa Besar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan quasi eksperimen. Seluruh mahasiswa pendidikan Biologi adalah populasi dalam penelitian ini sedangkan sampel penelitian diambil tiga kelas sebagai kelas uji coba. Untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket motivasi belajar dengan menggunakan model ARCS sebanyak 24 item pernyataan positif dan negatif. Analisis data yang digunakan selama penelitian adalah analisis deskriptif, teknik persentase dan uji Kruskall wallis menggunakan SPSS 16.0 for windows untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan rata-rata antara masing-masing kelas. Motivasi belajar mahasiswa dengan menerapkan model pembelajaran Level of Inquiry rata-rata motivasi belajar mahasiswa kelas eksperimen III (Inqury Leeson) lebih tinggi dari pada kelas eksperimen I (Discovery Learning) dan kelas eksperimen II (Interactive Demonstartiaon). Akan tetapi rata-rata Kelas esperimen II lebih rendah dari rata-rata kelas eksperimen I. Berdasarkan uji hipotesis Kruskall Wallis sampel motivasi belajar mahasiswa diperoleh t hitung = 0,026 kemudian dikonsultasikan dengan taraf sig 0,05, karena thitung   < ttabel (0,026 < 0,05)  maka hipotesis alternatif diterima, dengan demikian ada perbedaan yang bermakna motivasi belajar Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Samawa Sumbawa Besar menggunakan  model pembelajaran Level Of Inquiry.

Published
2018-08-19