PENGEMBANGAN BUKU SAKU (POCKET BOOK) BIOLOGI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMAK ST. GREGORIUS SUMBAWA BESAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Patrianus Hibur FKIP Univeristas Samawa
  • Syafruddin FKIP Univeristas Samawa
  • Eryuni Ramdhayani FKIP Univeristas Samawa
Keywords: Bahan Ajar, buku saku, Biologi, ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku saku (pocket book) biologi sebagai bahan ajar tambahan pada mata pelajaran biologi khususnya materi histologi tumbuhan kelas XI SMAK ST. GREGORIUS Sumbawa Besar tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI SMAK ST. GREGORIUS Sumbawa Besar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Tahapannya meliputi: tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Padatahap pengembangan produk awal dilakukan validasi materi oleh satu orang ahli materi (dosen), validasi media oleh satu orang ahli media (dosen) dan satu orang ahli praktisi (guru). Buku saku ini diujicobakan kepada siswa kelompok kecil (6 orang), kemudian diimplementasikan pada seluruh siswa kelas XI MIA SMAK St. Gregorius Sumbawa Besar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Tingkat kelayakan buku saku sebagai bahan ajar tambahan pada mata pelajaran biologi khususnya materi histologi tumbuhan berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 3,00 yang termasuk dalam kategori Layak, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 3,57 yang termasuk kategori Sangat Layak, 3) Ahli Praktisi diperoleh rata-rata skor 4,00 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, 4) Uji Coba Kelompok Kecil diperoleh skor 3,50 yang termasuk kategori Sangat Layak. Sedangkan tingkat minat belajar siswa dengan menggunakan buku saku diperoleh rata-rata skor 3,50 yang termasuk sangat tinggi. Dengan demikian buku saku yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran Biologi serta meningkatkan minat belajar siswa.

Published
2019-09-19