PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY (PHET) TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUMBAWA BESAR TAHUN AJARAN 2014/2015

  • Dewi Kaca FKIP Univeristas Samawa
  • Syarif Fitriyanto FKIP Univeristas Samawa
  • Romi Aprianto FKIP Univeristas Samawa
Keywords: Media Simulasi PhET, Sikap Ilmiah Siswa dalam pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media simulasi Physics Education Technology (PhET) terhadap sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbawa Besar tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah true eksperimental dengan desain penelitian posttest-only control design.  Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sumbawa Besar pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian yaitu kelas VIII yang terdiri dari delapan kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII 4 sebagai kelas eksperimen dan VIII 8 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket sikap ilmiah pada siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji normalitas menggunakan rumus chi kuadrat, uji homogenitas dengan menggunakan rumus F dan untuk menguji hipotesisnya digunakan rumus uji Z test. Hasil penelitian diperoleh nilai Zhitung = 5, 863, sedang nilai Ztabel = Z/2 = Z0,05/2 = Z0,025 = 1,960. Jadi, Zhitung = 5, 863 > Ztabel = 1,960, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media simulasi Physics Education Technology (PhET) berpengaruh terhadap sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbawa Besar tahun ajaran 2014/2015.

Published
2019-09-19