KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENGELOLA SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH DI SMKN 2 SUMBAWA BESAR

  • Samsul Bahri FKIP Univeristas Samawa
  • Fatmawati FKIP Univeristas Samawa
  • Ana Merdekawati FKIP Univeristas Samawa
Keywords: Kemampuan Manajerial, Kepala Sekolah, Sarana dan Prasarana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kepala sekolah dalam mengelola sarana dan prasara sekolah di SMKN 2 Sumbawa Besar.Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subkek penelitian yaitu, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, kepala tata usaha dan Siswa. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Bogdan dan Taylor dalam Moloeng (2007:4) mendefinisikan penelitian kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati dari fenomena yang terjadiSementara teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi untuk memperoleh data-data tentang pengelolaan sarana dan prasarana sekolah di SMKN 2 Umbawa Besar. Untuk menguji keabsahan data yang di peroleh peneliti menggunakan triangulasi Sumber, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana yang di lakukan kepala sekolah di SMKN 2 Sumbawa Besar mulai dari perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, penyimpanan dan pengawasan di lakukan secara bersama-sama, adanya musyawarah dan koordinasi antara kepala sekolah dengan wakil kepala sekolah dan ketua jurusan sehingga mempermudah melakukan evaluasi sarana dan prasarana yang ada di sekolah.

Published
2019-09-19