ANALISIS KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DAN FASLITAS BELAJAR DI SMA NEGERI 1 PLAMPANG

  • Tuti Asnila FKIP Univeristas Samawa
  • Fatmawati FKIP Univeristas Samawa
Keywords: Kompetensi, Kepala Sekolah, Fasilitas Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui kemampuan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru dan fasilitas belajar di SMA Negeri 1 Plampang. Subyek penelitian pada kepala sekolah di SMA Negeri 1 Plampang, menggunakan pendekatan penelitian kualitatif sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan metode dokumentasi.Jenis penelitian fenomenologi.Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, kategorisasi, sintesisasi dan menyusun hipotesis kerja.Dan uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru kaitan dengan merancang pembelajaran, membantu mengembangkan bakat siswa dan memahami peserta didik secara mendalam yaitu,  guru diikutsertakan  dalam MGMP, workshop/seminar diskusi antar guru yang berada di SMA Negeri 1 Plampamg serta memotivasi guru untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, agar guru-guru dapat memenuhi kualifikasi akademik, mendapatkan, pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan inovasi baru dalam pembelajaran.  Selain kompetensi pedagogik adapun upaya kepala sekolah dalam meningkatkkan kompetensi kepribadian guru yaitu kepala sekolah memberikan teladan kepada guru-guru, pemberian reward, saling mengunjugi serta berkomunikasi dan berkerja sama dengan masyarakat sekitar agar kepribadian sebagai seorang guru dapat dicontoh oleh siswa khusunya dan masyarakat pada umumnya. Dan penyediaan fasilitas yang masih kurang yaitu meminta bantuan dari wali murid serta pemerintah.

Published
2019-09-18