Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1)  unsur intrinsik novel PK karya DL; (2) tanggapan pembaca remaja terhadap novel PK karya DL dan (3) Relevansi Novel PK karya DL dengan Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Kelas VII di Sekolah.  Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif, menggunakan teori resepsi sastra dan strukturalisme. Sumber data dari novel PK karya DL, siswa sebagai pembaca remaja dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik analisis dokumen dan wawancara. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif Milles dan Huberman, dengan langkah (1) mereduksi data; (2) menyajikan data dan (3) menarik simpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) unsur intrinsik dari novel PK dari tema (perjuangan hidup), alur (maju), latar tempat (Amsterdam, Bandung, Jakarta, Bali, Jawa Barat), latar waktu (1999-2003), tokoh utama (Kugy, Keenan), tokoh bawahan (Eko, Noni, Remi, Joshua, Wanda, Luhde, Wayan, Lena, Adri, Karel, Pilik, Jeroen, Itok dan Oma), penokohan (pratagonis), gaya bahasa (penegasan, perbandingan, pertentangan dan sindiran), amanat (siap menerima konsekuensi hidup); (2) pembaca remaja menanggapi unsur intrinsik dari novel PK dan hal-hal lain berkaitan dengan kelebihan, kelemahan, cerita menarik, dan kaitan cerita dengan kehidupan nyata; (3) terdapat relevansi dari novel PK dengan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas delapan karena sesuai dengan silabus pembelajaran dan didukung tanggapan dari guru Bahasa Indonesia.

 

Kata Kunci: Tanggapan Pembaca, Resepsi Sastra, Strukturalisme, Pembaca Remaja, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Diterbitkan: 2018-03-03